Cara Mempercepat Kinerja Windows 7/8 yang lambat | KOMPUTERMESH

Cara Mempercepat Kinerja Windows 7/8 yang lambat

Cara Mempercepat Kinerja Windows 7/8 yang lambat

Advertisement
Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 (home premium, strater, ultimate 32/64 bit) dan juga laptop windows 8 yang lambat - Memiliki laptop/komputer yang lemot pastinya tidak diinginkan oleh setiap pengguna komputer termasuk kita. Sebaliknya, pastinya kita akan merasa senang jika komputer kita memiliki kinerja yang bagus sehingga saat mejalankan program yang berat-beratpun akan terasa enteng dan program cepat terbuka.

Tentunya ada beberapa faktor yang mengakibatkan komputer kita menjadi lambat entah itu dari faktor hardware maupun software. Pada faktor hardware mialnya ini biasanya terjadi pada hardware yang memiliki spesifikasi yang rendah mulai dari processor, memori dan lain sebagainya. Contoh pada saat anda menginstall aplikasi yang minimal requirements yakni processor harus core-i3 maka jika anda tetap memaksa software tersebut untuk kemudian anda install maka kemungkinan saat dijalankan akan berat atau bahkan mengalami has stopped working

Selanjutnya dari faktor software. Contohnya sistem operasi yang digunakan sudah terinfeksi oleh banyak virus atau terlalu banyak aplikasi yang terinstall di komputer sehingga menjadikannya lambat. Untuk mengatasi faktor software ini lebih mudah penagannya jika semua cara sudah dipraktekan namun belum juga berhasil maka jalan terakhir yakni dengan menginstall ulang maka semua akan kembali normal.

Cara mempercepat kinerja Windows 7 32 bit dan 64 bit ini sama, Sekaligus beberapa langkah juga dapat diterapkan di windows 8, jadi yang saya bahas ini untuk keduanya. Oke langsung saja berikut Cara Mempercepat Kinerja Windows 7/8 yang lemot/lambat.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 7/8 yang lambat
Langkah pertama : Menggunakan Clean up Windows
Penyebab mengapa PC mengambil waktu yang cukup lama saat memulai adalah karena semua program dan utilitas yang telah terpasang. Mengurangi jumlah aplikasi yang start-up ketika windows boot memungkinkan anda untuk menuju desktop lebih cepat dan meningkatkan memori yang tersedia.

Selanjutnya silahkan anda ikuti langkah berikut : Tekan tombol Windows + R pada keyboard dan ketik msconfig dan klik OK. Pilih tab Services, centang '"Hide all Microsoft services" dan anda akan melihat program yang berjalan (Running) dan tidak (stopped). Nah, anda fokus saja pada program dengan status running kemudian pilih mana program yang menurut anda tidak diperlukan. dan hilangkan centang pada program tersebut lalu klik OK.

Selain itu untuk mempercepat saat anda menggunakan windows explorer atau yang berhubungan dengan kinerja hardisk maka bisa menggunaka tool defragment. Bagi yang belum tahu caranya silahkan baca : Cara Menggunakan Tools Defragment Hardisk Di Windows.

Langkah berikutnya : Uninstall/menghapus aplikasi yang tidak di perlukan.
  • Klik start
  • Ketikan add or remove program pada pencarian.
  • Setelah itu klik enter.
  • Pilih aplikasi yang tidak diperlukan.
  • kemudian klik uninstall.
Langkah terakhir ini cukup ampuh jika anda merasa windows yang anda gunakan cukup lama tidak digantik maka bisa menginstall ulang komputer/lapop anda. Selain membersihkan virus yang ada di sistem juga Mempercepat performa komputer yang disebabkan oleh kerusakan sistem Yang biasanya udah banyak debug.

Oh iya, cara lain yang bisa anda gunakan yakni downupgrade ke windows di bawahnya jika dirasa spesifikasi komputer anda rendah untuk menjalankan sistem windows versi terbaru. Misal saat ini anda menggunakan windows 8, maka bisa mencoba menginstall ke versi windows 7 yang dianggap lebih ringan oleh orang yang berpengalamana.

Sekian dari saya mengenai Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 (home premium, strater, ultimate 32/64 bit) dan juga laptop windows 8 yang lambat. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda. Baca juga : Cara Mengatasi Lupa Password Windows 10

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top