5 Cara Menghapus Malware dari Komputer Windows | KOMPUTERMESH

5 Cara Menghapus Malware dari Komputer Windows

5 Cara Menghapus Malware dari Komputer Windows

Malware merupakan program yang berbahaya dan paling dibenci oleh pengguna komputer. Program malware ini sengaja diciptakan untuk merusak sistem komputer / jaringan komputer tanpa sepengetahuan penggunanya. Bahkan malware dapat mengancam file yang ada di komputer. Malware dapat mengedit, menyembunyikan file dan bahkan dapat menghapus file tanpa seijin pengguna komputer. Malware ini tidak hanya dapat menginfeksi komputer dan jaringan saja, akan tetapi malware ini bisa menyebar melalui website. Biasanya website yang terdapat malware di dalamnya, akan terdeteksi oleh google dan setelah website dibuka maka akan muncul sebuah peringatan web sedang terinfeksi malware.

Cara Menghapus Malware dari Komputer / laptop Windows
#1 Langkah pertama : Menghapus file temporary.
Agar komputer dapat berjalan lebih cepat dan tanpa gangguan silahkan masuk safe mode terlebih dahulu. Bagi yang belum tahu caranya silahkan simak postingan sebelumnya yaitu Cara Masuk Safe Mode pada Windows 7, 8 dan 10. Setelah masuk ke safe mode, langkah selanjutnya untuk menghapus file temporary membutuhkan fitur windows yang bernama Disk Cleanup. Untuk membuka disk cleanup caranya klik tombol windows --> ketikan Disk Cleanup --> lalu tekan enter --> pilih drive sistem yang akan dibersihkan (Biasanya pada drive C:).


#2 Langkah kedua menghapus malware dengan antivirus.
Pada langkah kedua ini, kita dapat menggunakan antivirus gratis yang cukup handal dalam membasmi virus dan juga malware sekalipun. Program antivirus tidak hanya dapat digunakan untuk menghilangkan virus saja, tapi beberapa antivirus memiliki kemampuan untuk menghilangkan malware dari komputer. Bagi sobat yang di komputernya belum terinstall antivirus dan bingung mau menggunakan antivirus yang mana. Mungkin Informasi  pada postingan sebelumnya yaitu mengenai antivirus terbaik ini bisa menjadi pilihan. Jika di komputer sobat sudah terinstall antivirus seperti avira, avast dan-lain-lain, untuk menggunakan antivirus tersebut langkahnya sama seperti pada saat men-scan virus. (Lihat gambar berikut).
Cara Menghapus Malware dari Komputer Windows
#3 Langkah ketiga menghapus malware dengan program malware scanner.
 Program malware scanner saat ini cukup bisa diandalkan tuk menghapus sebagian besar infeksi. Jika di komputer sudah terdapat program antivirus yang aktif. Maka harus menggunakan scanner yang berbeda yang khusus untuk check malware ini. Perlu diketahui tidak ada program antivirus yang dapat mendeteksi 100 persen dari jutaan jenis malware dan varian. Jadi tidak hanya antivirus saja yang dapat digunakan akan tetapi malware scanner juga perlu agar semakin banyak jenis malware/virus yang ter-scan bisa dibersihkan. Berikut beberapa program yang cukup handal dalam menangani malware di komputer :
  • Malwarebytes
  • BitDefender Free Edition
  • Norman Malware Cleaner
  • SuperAntiSpyware.
  • Kaspersky Virus Removal Tool
Untuk mendapatkan program/software tersebut silahkan cari di google. Karena softwarenya gratis jadi bisa digunakan dengan full tanpa harus memasukan serial number. Sedangkan cara menggunakannya cukup mudah. Di sini saya akan memberikan salah satu contoh penggunaan program malware scanner. Berikut kurang lebih petunjuk bagaimana cara menggunakan program malware yang bernama Malwarebyte.
Cara Menghapus Malware dari Komputer Windows

#4 Langkah keempat : menghapus program yang tidak dikenali.
Disarankan apabila terdapat program – program yang tidak dikenal, sebaiknya di uninstall saja. Selain untuk mencegah malware dengan cara menguninstall/menghapus program tersebut menguninstall juga dapat meningkatkan kinerja komputer.  Selain itu, kebanyakan malware suka bersembunyi di balik program – program tersebut. Jadi dengan menghapus programnya akan dapat mencegah komputer kita, dari semakin meningkatnya terinfeksi malware.

#5 Langkah kelima : Menginstall ulang komputer.
Jika semua cara sudah dilakukan tapi belum juga dapat mengatasi malware di komputer. Mungkin yang terakhir ini adalah jalan keluarnya. Dengan menginstall ulang komputer, maka sistem pada komputer akan diperbaruhi dan malware juga ikut terhapus. Jadi cara yang terakhir ini paling efektif dan sudah pasti dapat menghilangkan malware yang ada di komputer secara permanent.

Mungkin hanya itu yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini mengenai cara menghapus malware dari komputer windows, semoga dapat bermanfaat.

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top