Cara Mengatasi USB Device Not Recognized di Windows 10 / 8 / 7 | KOMPUTERMESH

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized di Windows 10 / 8 / 7

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized di Windows 10 / 8 / 7

Bagaimana Cara Mengatasi USB Device Not Recognized di Windows 10 / 8 / 7? Pesan error "USB Device Not Recognized" (perangkat usb tidak dikenali) terkadang terjadi pada saat kita menggunakan port usb untuk menghubungkan perangkat tambahan seperti keyboard, mouse, printer, kamera, handphone, flashdisk dan lain sebagainya ke komputer. Munculnya pesan error tersebut yang muncul di notifikasi laptop atau pc ketikan kita memasang atau mencolokkan perangkat ke dalam usb maka perangkat yang kita pasang tersebut tidak akan berfungsi serta tidak bisa terbaca oleh komputer. Sedangkan ada beberapa penyebab yang menjadikan usb bermasalah seperti yang saya bahas pada kesempatan kali ini, diantarannya : kabel data usb bermasalah, USB Device yang bermasalah, Versi driver USB yang berbeda dan lain sebagainya.
Cara Mengatasi USB Device Not Recognized di Windows 10 / 8 / 7

Nah, sebelum anda mengikuti metode yang saya berikan kali ini, karena pembahasan kali ini berhubungan dengan softwarenya bukan hardwarenya, jika hardwarenya bermasalah maka metode yang saya berikan ini tidak akan berhasil. Untuk mengetahui kalau yang bermasalah itu sotwarenya maka anda bisa menggunakan komputer/laptop lain untuk mengetesanya. Misalnya flashdisk anda yang bermasalah pada saat dipasang di usb komputer satu dan tidak terdeteksi, akan tetapi di komputer yang lainnya bisa terdeteksi dan bisa digunakan. Itu kemungkinan besar driver pada komputer satu yang benar-benar bermasalah. Untuk mengetasi masalah tersebut, silahkan anda simak penjelasannya berikut ini.

1. Cara yang pertama ini cukup mudah yaitu dengan me-restart komputer dan kemudian pasang kembali periferal ke usb komputer, jika tidak berhasil shutdown / matikan dan tunggu beberapa saat lalu hidupkan kembali.

2. Selanjutnya, menghilangkan centang "Allow the computer to turn off this device to save power" pada USB Root Hub. Caranya : klik start >> ketikan device manager >> klik 2x atau tekan enter untuk membukanya >> setelah terbuka klik panah kanan di Universal serial bus controller (paling bawan) >> klik kanan USB Root Hoob >> pilih properties >> pilih tab power management >> hilangkan centang.
Cara Mengatasi USB Device Not Recognized di Windows 10 / 8 / 7
3. Jika cara di atas masih belum berhasil, cobalah untuk uninstall driver. Masih di device manager, klik panah kanan di Universal serial bus controller (paling bawan) >> klik kanan pada  USB Enhanced Host Controller >> lalu pilih uninstall. Restart komputer anda, setelah itu masukkan perangkat ke usb laptop dan sistem akan mendeteksi perangkat usb.

4. Menggunakan system restore. System restrore ini dapat digunakan untuk mengembalikan pengaturan pada saat USB masih terdeteksi. untuk menggunakan system restore di windows 10 silahkan anda baca Cara Membuat Restore Point (System Restore) Di Windows 10. Sedangkan untuk windows 7 bisa menggunakan tool yang sudah ada, klik start --> ketikan system restore dan tekan enter.

Mungkin hanya itu yang bisa saya ulas mengenai cara mengatasi usb device not recognized pada laptop. Semoga cara-cara di atas bisa membantu mengatasi masalah yang anda alami. Sekian dan terima kasih untuk kunjungannya.

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top