Cara Mengatasi Black Screen (Layar Hitam) Windows 7 | KOMPUTERMESH

Cara Mengatasi Black Screen (Layar Hitam) Windows 7

Cara Mengatasi Black Screen (Layar Hitam) Windows 7

Banyak teman-teman yang bertanya bagaimana Cara Mengatasi Black Screen (Layar Hitam) Windows 7? Tapi sebelum saya kasih tahu bagaimana mengatasinya saya akan sedikit membahas terlebih dahulu dahulu sekilas tentang blank screen. Ketika komputer sobat dinyalakan pada saat itu BIOS tidak menunjukkan gejala apa-apa dan berjalan normal seperti biasa, akan tetapi pada saat setelah komputer menampilkan logo windows yang biasanya kita sudah berhasil masuk ke dalam desktop komputer, akan tetapi yang terjadi kemudian laptop malah menampilkan layar hitam atau disebut dengan Blank Screen.
 Cara Mengatasi Blank Screen (Layar Hitam) Windows 7

Ketika laptop sobat mengalami hal tersebut, maka aktivitas seperti biasanya yang dilakukan menggunakan laptop seperti membuka aplikasi word, mendengarkan lagu dan sebagainya tidak dapat dijalankan karena saat menjalankan windows kembali akan mentok sampai di blank screen dan tidak bisa dilanjutkan ke desktop. Jika saat ini laptop yang sobat gunakan mengalami blank screen maka tidak perlu khawatir karena yang saya tahu blank screen ini bukan akibat dari kerusakah hardware laptop, akan tetapi pada softwarenya yang bermasalah. Karena ini hanya masalah yang terjadi pada software maka semua merek laptop seperti Acer, Asus, Axioo, HP, Lenovo, dan lain-lain asal menggunakan windows 7 bisa menggunakan cara yang saya bahas ini. Nah, sedangkan Jika sobat menginstall ulang windows maka blank screen yang terjadi ini kemungkinan akan hilang dan laptop sobat akan bisa digunakan seperti biasanya. Pastinya menginstall ulang laptop dapat membuang banyak waktu dan begitu ribet, gimana tidak kita harus menginstall program dan menginstall driver laptop lagi. Langsung saja untuk mengetahui solusi yang saya berikan ini, Berikut Cara Mengatasi Blank Screen (Layar Hitam) Windows 7.

Solusi 1 : Mengatasi blank screen windows menggunakan safe mode
Pertama-tama anda masuk ke windows dengan safe mode caranya hidupkan kembali laptop/komputer anda lalu kenan tombol f8 pada keyboard terus menerus, setelah itu pilih menu safe mode.  Setelah berhasul masuk ke safe mode, silahkan lanjutkan langkah berikut.
  1. Tekan Ctrl + Alt + Del pada keyboard lalu pilih winows task manager.
  2. Setelah task manager terbuka selanjutnya klik pada tab Processes.
  3.  Cari dan klik pada explorer.exe dan klik End Process untuk mangakhiri program tersebut
  4. Kemudian klik File dan pilih New Task (Run).
  5. Masukkan explorer.exe di kotak terbuka, kemudian klik pada tombol OK.
  6. Klik tombol Start dan ketikkan device manager pada kotak pencarian dan tekan enter untuk membukanya.
  7. Setelah device manager terbuka, pada langkah ini, klik-ganda pada Display adapter dan klik kanan pada drvier yang telah terinstall
  8. Selanjutnya Klik Update Driver Software
  9. Nanti akan ada dua pilihan. Silahkan pilih yang pertama.
Solusi ke-2 : Menggunakan system restore (pemuliha system).
Di sini anda haru memiliki instalasi windows 7 yang telah di burning ke CD/DVD atau jika anda telah memiliki instalasi windows di penyimpanan laptop, bisa menggunakan bootable flashdisk.Bagi yang belum tahu caranya silahkan lihat pada pembasan sebelumnya yaitu mengenai : Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7.
  1. Jika sudah anda restart komputer anda, tekan pada tombol F2 untuk masuk bios. lalu ubah booting pertama menjadi media yang anda gunakan. Misalnya anda menggunakan flashdisk sebagai medianya maka booting pertama (first booting) anda ubah menjadi flashdisk.
  2. Ketika muncul pesan “Press any key to boot from CD or DVD” anda tekan saja sembarang tombol pada keyboard.
  3. Selanjutnya anda atur bahasa dan tanggal.
  4. Klik pada System Restore
  5. Pilih drive lokasi dimana anda menginstall windows (biasanya terletak pada drive C:\) lalu klik Next.
  6. Pada kotak System Recovery Options anda pilih System Restore lalu pilih next.
  7. Pilih restore point yang sobat inginkan. Pilihlah opsi yang kira-kira pada tanggal tersebut windows 7 masih normal. Lalu klik next jika telah dipilih.
  8. Klik Finish
Solusi ke-3 : Menggunakan Startup Repair
Pada cara yang terakhir ini langkah-langkahnya hampir sama dengan solusi ke-2. Hanya saja kita menggunakan startup repair.
  1. Seperti pada solusi ke-2, silahkan anda masukan flashdisk/DVD..
  2. Ketika muncul pesan “Press any key to boot from CD or DVD” anda tekan saja sembarang tombol pada keyboard.
  3. Selanjutnya anda atur bahasa dan tanggal.
  4. Klik pada Repair Your Komputer
  5. Pilih drive lokasi dimana anda menginstall windows (biasanya terletak pada drive C:\) lalu klik Next.
  6. Pilih Startup Repair dan klik next. Lalu tunggu hingga prosesnya selesai.
Semoga dari ketiga cara diatas dapat bermanfaat dan membantu sobat dalam Mengatasi Blank Screen (Layar Hitam) pada Windows 7. Jika terdapat kekurangan dalam postingan ini kami minta maaf. Silahkan bagi yang masih kurang jelas dapat ditanyakan melalui fasilitas komentar yang tersedia di blog ini. Terima kasih telah berkunjung di blog ini :)

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top