Pengertian dan Fungsi Optical Disk | KOMPUTERMESH

Pengertian dan Fungsi Optical Disk

Pengertian dan Fungsi Optical Disk

KOMPUTERMESH - Apa itu Pengertian dan Fungsi Optical Disk ? Bagi yang suka menonton musik atau video pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya DVD dan CD yang berfungsi sebagai penyimpanan data dengan kapasitas yang cukup besar.Untuk itu agar anda lebih mendalami lagi mengenai hal tersebut,pada kesempatan kali ini saya akan kembali mengulasnya .Optical Disk merupakan sebuah tempat penyimpanan data elektronik yang bisa diubah/ditulis dan bisa dibaca.Cara kerjannya yaitu dengan menggunakan prinsip sinar laser yang disuntikan ke dalam bidang cakram yang mampu menyimpan data.Sejarah optical disk yaitu pada awal mulanya ditemukan pertama kali pada tahun 1958  dan terus mengalami perkembangan hingga sekarang.Perkembangan teknologi,meliputi:CD,CD-RW,DVD,DVD-RW,HVD,dan BlueRay.Langsung saja anda simak macam-macam serta penjelasannya berikut ini:

  • Yang pertama yaitu CD-ROM atau kepanjangan dari (Compact Disc Read Only Memory),yang berfungsi sebagai media penyimpanan yang hanya bisa ditulis hanya sekali saja dan bisa menyimpan data sebesar 700 MB.
Pengertian dan Fungsi Optical Disk
  • CD-RW (Compact Disk-Read-Write) dari namanya saja bisa kita ketahui apa fungsi CD yang satu ini,yaitu tempat penyimpanan data yang tidak hanya bisa dibaca saja,namun juga ditulis berulang-ulang bilamana permukaan tulisnya masih normal.
Pengertian dan Fungsi Optical Disk

  • DVD-R atau Compact Versatile Disk-Recordable,Berufugsi untuk menyimpan data dalam kapasitas yang cukup besar dan tidak dapat dirubah setelah ditulis.
Pengertian dan Fungsi Optical Disk
  • DVD-RW (Digital Versatile Disc Read and Write),juga sama fungsinya dengan sebelumnya dan memiliki kemampuan ditulis berulang-ulang.
Pengertian dan Fungsi Optical Disk
  • DVD-D (DVD stand as disposable) merupakan cakram optic yang berfungsi sebagai penyimpanan data,diantarannya lagu,film,dan lain-lain.Terbuat dari bahan kimia yang dapat mengubah lapisan media tersebut.Oleh sebab itu DVD ini hanya bisa dibaca selama jangka waktu tertentu saja.
Pengertian dan Fungsi Optical Disk

Sebenarnya masih banyak lagi jenis Optical disk yang lain namun yang anda baca tadi merupakan jenis media penyimpanan yang sering digunakan.Jadi untuk yang lebih lengkapnya akan kembali saya ulas lebih lengkap bila ada kesempatan.Demikian Pengertian dan Fungsi Optical Disk  semoga bermanfaat dan menambah wawasa saudara.Jika mau menambahi silahkan melalui komentar yang tersedia.Mohon maaf jika terdapat kekurangan dalam penulisan atau yang lainnya.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top